Implementasi Desain Interior pada Renovasi Kantor Travel Haji & Umroh Al-Munawwir Blitar
Keywords:
interior, design thin, hajj travel, user, comfortAbstract
Proyek renovasi desain interior Kantor Travel Haji & Umroh Al-Munawwir merupakan bentuk pengabdian masyarakat untuk menciptakan ruang yang nyaman, estetis, dan mendalam secara emosional bagi pengunjung kantor travel haji dan umroh. Dengan menggunakan metode Design Thinking, desain interior kantor ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan fungsional dan psikologis pengguna ruang. Konsep yang diusung adalah desain modern dengan aksentuasi dekoratif khas Timur Tengah, yang tidak hanya memperkuat identitas spiritual perusahaan tetapi juga memberikan suasana yang akrab dan menenangkan. Selain itu, desain interior ini bertujuan untuk memperkuat citra perusahaan melalui elemen branding yang konsisten. Proyek ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman yang bermakna bagi pelanggan, serta meningkatkan citra profesionalisme dan religiusitas perusahaan. Proses pembangunan ini diperkirakan selesai dalam waktu tiga bulan, dengan tahap pertama yang difokuskan pada pembangunan eksterior dan tahap kedua pada renovasi interior.
References
Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. Free Press. Amin, A. (2008). Collective culture and urban public space. City, 12(1), 5-24.
Alnasser, H. M. F. A. A. (2013). Importance of color in interior architectural space on the creation of brand identity (Doctoral dissertation, Eastern Mediterranean University (EMU)-Doğu Akdeniz Üniversitesi (DAÜ)).
Al-Zamil, F. A. (2023). A Human Perspective on the Interior Design of Contemporary Hotel Lobbies in the Middle East The Case of Kuwait’s Five-Star Hotels.
Dobbin, C., & Michelsen, L. K. (2019). Engaging the olfactory: scent in the arts, cultures, and museums of the Islamic world. In The Multi-Sensory Image from Antiquity to the Renaissance(pp. 121-148).
Routledge. Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Creates New Alternatives for Business and Society. Harper Business.
Gifford, R. (2013). Environmental Psychology: Principles and Practice. Psychology Press. Norman, D. A. (2013). The Design of Everyday Things. Basic Books.
Octaliana, C., Santosa, A., & Rizqi, M. T. (2024). The Influence of Interior Design on Spatial Experience Based on Comfort Aspects of Visitors: A Case Study of Nadhi Heritage Cafe. International Journal of Multidisciplinary and Current Educational Research (IJMCER), 6(4), 180-191.
Sujatmoko, H. (2005). Studi Tentang Gaya Timur Tengah Pada Interior Gedung Induk Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Doctoral dissertation, Desain Interior ISI Yogyakarta).
Salama, A., & Wiedmann, A. (2018). Cultural Influences in Design: The Impact of Geometric Patterns and Calligraphy in Middle Eastern Spaces. Journal of Architectural Psychology, 14(3), 76-85. Sergeeva, E. (2022). Now and Then: A reflection on the future of interior design for commercial spaces (Doctoral dissertation).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 bhagyarekha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






