Pendekatan Adaptive Reuse pada Redesain Interior Perpustakaan SMP Aceh

Authors

  • Hardina Atsilia Qurbah UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Adinda Lisa Irmanti

Keywords:

adaptive reuse, parcipatory design, school library, student literacy

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki peran penting dalam mendukung literasi dan proses pembelajaran siswa. Namun, perpustakaan SMP di Aceh menghadapi keterbatasan ruang, tata letak yang kurang efisien, serta fasilitas yang belum mendukung aktivitas literasi secara optimal. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengubah ruang aula sekolah menjadi perpustakaan multifungsi yang nyaman dan efisien melalui pendekatan adaptive reuse dan participatory design. Metode yang digunakan berupa studi kasus dengan tahapan observasi lapangan, wawancara dengan guru dan pustakawan, serta analisis kebutuhan ruang dan pola aktivitas pengguna. Hasil analisis menjadi dasar redesain melalui penataan zonasi, pemilihan furnitur ergonomis, optimalisasi pencahayaan alami dan buatan, serta integrasi elemen teknologi pembelajaran seperti LCD dan proyektor. Implementasi desain baru menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek fungsionalitas, kenyamanan, dan estetika. Jumlah siswa yang berkunjung meningkat menjadi rata-rata 18–20 orang per waktu istirahat, sementara pengelolaan koleksi menjadi lebih tertata. Pendekatan adaptive reuse terbukti efektif dan ekonomis dalam mengoptimalkan ruang eksisting tanpa perubahan struktural, serta dapat menjadi model desain berkelanjutan bagi sekolah lain dengan kondisi serupa.

References

Aang Gunaidi, S. Y. (2023). Kajian Ergonomi Terhadap Sarana dan Prasarana Ruang Baca Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu.

Ahmad, N., Ismail, A. R., Mohamad, D., Sonie Palate, N. S., & Kamaruzzaman, A. F. (2024). Improving Classroom Chairs for Student Comfort and Health: An Ergonomic Approach. Journal of Human Centered Technology, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.11113/humentech.v3n1.65

Artha, K. G., & Purwantiasning, A. W. (2022). Kajian Konsep Adaptive Reuse Pada Bangunan Museum Bersejarah di Museum Bahari, Jakarta. Journal of Architectural Design and Development, 3(1), 17–29. https://doi.org/10.37253/jad.v3i1.6605

Bullen, P. A., & Love, P. E. D. (2011). Adaptive reuse of heritage buildings. Structural Survey, 29(5), 411–421. https://doi.org/10.1108/02630801111182439

Çalışkan, B. N., & Arat, Y. (2023). Eğitim Yapılarında Mobilya Ergonomisi: Sistematik Bir İnceleme. Journal of Interior Design and Academy, 3(2), 183–201. https://doi.org/10.53463/inda.20230199

Djebbour, I., & Biara, R. W. (2019). Sustainability comparative assessment of adaptive reuse of heritage buildings as museums: A case of tlemcen. Environmental Research, Engineering and Management, 75(3), 7–20. https://doi.org/10.5755/j01.erem.75.3.22133

Elliot, A. J., & Maier, M. A. (2014). Color psychology: Effects of perceiving color on psychological functioning in humans. Annual Review of Psychology, 65(June 2013), 95–120. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115035

Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Literature Review, 8(12), 195–200.

Rahman, R., & Rahmi, N. (2025). Room of Civil Society Development Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di MAS BPII Pamboang. 4(3), 436–447.

Saputra, H., & Purwantiasning, A. W. (2013). Kajian Konsep Adaptive Reuse Sebagai Alternatif Aplikasi Konsep Konservasi. Jurnal Arsitektur Universitas Bandar Lampung, 45–52.

Susanti, A., Yusril, M., Mustafa, E., Jezzica, G. A., Wulandari, J., Pratiwi, D., & Putri, S. (2020). Pemahaman Adaptive Reuse Dalam Arsitektur Dan Desain Interior Sebagai Upaya Menjaga Keberlanjutan Lingkungan: Analisis Tinjauan Literatur. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 499–505. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/346

Tohjiwa, A. D. (2021). STRATEGI ADAPTIVE REUSE PADA BANGUNAN TUA DI KAWASAN REVITALISASI Studi Kasus: Restoran Oeang di Kawasan M Bloc, Jakarta. Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi, 20(1), 34–47. https://doi.org/10.35760/dk.2021.v20i1.4303

Wacnik, P., Daly, S. R., & Verma, A. (2025). Participatory design: a systematic review and insights for future practice. Design Science, 11(Ehn 1988), 1–31. https://doi.org/10.1017/dsj.2025.10009

Wahidmurni, Firdiansyah, Y., Lestantyo, P., Susilawati, S., Mubarok, H., & Cahyono, M. D. (2025). Building a digital learning space culture in elementary school. Edelweiss Applied Science and Technology, 9(4), 1447–1456. https://doi.org/10.55214/25768484.v9i4.6318

Downloads

Published

31-10-2025

Issue

Section

Articles