Pengembangan Media Edukasi Motion Graphic: Pengenalan Tradisi Larung Sembonyo Untuk Remaja Melalui Animasi 2d
Keywords:
motion graphic, media promosi, Kabupaten Trenggalek, Larung sembonyoAbstract
Desa Prigi di Kabupaten Trenggalek merupakan wilayah yang memiliki kekayaan budaya lokal, salah satunya adalah ritual Larung Sembonyo. Namun, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman remaja terhadap kegiatan budaya ini masih rendah. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk merancang media edukatif berupa animasi motion graphic bagi remaja usia 16–24 tahun di Kabupaten Trenggalek. Untuk merancang media visual yang tepat sasaran, pendekatan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil yang diperoleh mengarah pada konsep perancangan media yang difokuskan untuk memperkenalkan ritual Larung Sembonyo dan meningkatkan partisipasi remaja dalam pelestarian budaya lokal. Film animasi “Larung Sembonyo“ format MP4 berdurasi 3 menit 27 detik. Media ini telah divalidasi oleh ahli materi dengan skor 95,85% dan ahli media dengan skor 91,67% sehingga mendapatkan hasil kategori “sangat layak”. Dengan demikian animasi 2D yang berjudul “Larung Sembonyo“ dapat dijadikan media pengenalan Larung Sembonyo kepada remaja di Kabupaten Trenggalek.
References
Al-Ars, K. R., Fakhiratunisa, N., Wirastuti, M. A., Fauzan, M. F., Balle, J. L., Maulana, M. S., Dewi,
M. F., Febriayanti, T., Suhada, V. R., Falah, N. A., Rodhia, S., Rizha, T., & Siskandar, R. (2021). Pembuatan video tutorial pengetahuan produk aplikasi SilviPlus dengan teknik motion graphic di PT KST. Jurnal Sains Indonesia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59897/jsi.v2i1.55
Anita, Ri. D., & Marisa, F. (2017). RANCANGAN VIDEO MEDIA PROMOSI BERBASIS MOTION GRAPHIC 2D UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA UNIVERSITAS
ASPEK PSIKOLOGIS. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.18502
Developer, medcom id. (2023, June 4). Nelayan Trenggalek Gelar Upacara Adat Larung Sembonyo di Pantai Prigi. medcom.id. https://www.medcom.id/nasional/daerah/lKYv3LXN-nelayan- trenggalek-gelar-upacara-adat-larung-sembonyo-di-pantai-prigi
Fernando, F., Yandri, Y., Gani, M. H., & Malik, K. (2023). Perancangan Media Edukasi dengan Teknik Motion graphic tentang Objek Wisata Bersejarah Bukittinggi. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.153
Hutan Kota | SIMPONI Sistem Informasi Manajemen Potensi Informasi Daerah Kabupaten Trenggalek. (n.d.). Retrieved November 15, 2023, from https://dpmptsp.trenggalekkab.go.id/simponi/potensi/30/hutan-kota
Irfan, M., & Setyaputri, N. Y. (2022). Kearifan Lokal Larung Sembonyo untuk Meningkatkan Karakter Siswa Agar Lebih Memotivasi dalam Belajar. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 45–48.
Ismail, N. (2014). NEGARA, MASYARAKAT SIPIL DAN AGENSI DALAM RELASI ANTARKOMUNAL ISLAM. Harmoni, 13(1), Article 1.
Kebudayaan Indonesia. (n.d.). Character Building. Retrieved October 4, 2023, from https://binus.ac.id/character-building/2022/03/kebudayaan-indonesia/
Lianto, F. P., Nirwana, A., & Rahmadianto, S. A. (2022). Perancangan Motion graphic FoMO Tidak 100 Persen Salah Kalian bagi Anak Muda di Indonesia. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33479/sb.v3i1.192
Mellenia, F. O., Rahmaningsih, S. E., Yovianto, R., Wilopo, M. I. M., & Ravizki, E. N. (2023). Peranan Masyarakat Desa Dongko Dalam Mewujudkan Desa Wisata Budaya Bersama Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59246/aladalah.v1i2.166
Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2642
Protokol-Dokpim. (2023, June 3). Digelar Rutin Tahunan, Labuh Larung Sembonyo Menjadi Embrio Festival Pantai di Teluk Prigi. https://prokopim.trenggalekkab.go.id/berita/juni/3620-digelar- rutin-tahunan-labuh- larung-sembonyo-menjadi-embrio-festival-pantai-di-teluk-prigi
Putra, G. L. A. K. (2019). PEMANFAATAN ANIMASI PROMOSI DALAM MEDIA YOUTUBE.
SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 259–265.
Putra, G., & Yasa, G. (2020). ESTETIKA KARAKTER ANIMASI PADA MEDIA KOMUNIKASI SOSIAL DENGAN KATEGORI AUDIENCE REMAJA. Jurnal Bahasa Rupa, 4, 1016. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i1.576
Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743
Rahmawati, R. D. (2022). NILAI KEARIFAN LOKAL FESTIVAL LAMPU COLOK DITINJAU DARI
Ruby, J., & Hidajat, H. (2022). PENGENALAN BUDAYA MELALUI MOTION GRAPHIC
“HAKKA, THE STORY AND PHILOSOPHY OF IT’S PEOPLE.” Titik Imaji, 4(2). https://doi.org/10.30813/.v4i2.3392
Safi, J., & Bau, S. O. (2021). PEMANFAATAN MUSEUM REMPAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak, 8(1), 11. https://doi.org/10.25157/ja.v8i1.5087
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MARKET LEARNING BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMASARAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1118-1124
Sukarno, I. S., & Setiawan, P. (2014). Perancangan Motion graphic Ilustratif Mengenai Majapahit Untuk Pemuda-pemudi. Visual Communication Design, 3(1), 180396.
Sutrisno, A., & Rokhman, N. (2022). Cut-Out Animation dalam Perancangan Konten Youtube Bertema Kepahlawanan. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(04), Article 04. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i04.7632
Umam, N. C. (n.d.). JUDUL PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN BATIK GEMAWANG KHAS KABUPATEN SEMARANG.
Veza, O., Devega, A. T., Mawaddah, M. A., & Arifin, N. Y. (2020). Desain dan Analisis Implementasi Motion graphic Program Publikasi Sebagai Media Promosi Batam TV. Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 5(02), Article 02. https://doi.org/10.36352/jt- ibsi.v5i02.252
WIDYAGAMA MALANG. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.417
Wijaya, Y. A., & Jaladri, C. M. (2018). Analisis Hukum Islam Terhadap Tradisi Larung Sembonyo dan Hubungannya dengan Pendapatan Masyarakat di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 4(1), Article 1.
Yanti, A. I. D., Wardhana, M. I. ., Wardani, N. K., & Hidayat, I. K. (2024). Penerapan Bahasa Isyarat Bisindo Pada Kalimat Sederhana Berbasis Animasi 3D. GESTALT : JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 6(2), 17–30. https://doi.org/10.33005/gestalt.v6i2.226
Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). OPTIMALISASI UNSUR LIVE SHOOT DAN MOTION GRAPHIC UNTUK PROMOSI DIGITAL LEMBAGA PAUD. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30871/deca.v1i1.588
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 bhagyarekha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.