Fotografi Produk sebagai Pendukung Pemasaran UMKM Newcoral Ecofriendly di Surakarta

Authors

  • Diska Rahmita Gasti Universitas Sebelas Maret
  • Nisaul Hasanah Universitas Sebelas Maret
  • Febrian Satria Wihadi Universitas Sebelas Maret

Keywords:

MSME, digital marketing, product photography, ecoprint, creative economy

Abstract

Pengabdian ini bertujuan mendukung kemandirian UMKM Newcoral, penghasil kerajinan ecoprint, melalui pendampingan dan pelatihan pemasaran digital serta fotografi produk untuk memperkuat ekonomi kreatif dan keberlanjutan. Metode penelitian meliputi tiga tahap: persiapan (observasi dan wawancara), pelaksanaan (pelatihan pemasaran digital dan fotografi produk), serta evaluasi (penggunaan konten visual untuk meningkatkan penjualan daring). Hasil menunjukkan bahwa UMKM Newcoral mampu memulai pemasaran digital secara mandiri, meskipun terhambat oleh keterbatasan peralatan dan pengetahuan media sosial. Evaluasi menunjukkan peningkatan interaksi daring, namun keberhasilan penjualan memerlukan website e-commerce dan tenaga penjualan daring. Pengabdian ini merekomendasikan pelatihan lanjutan dan pengembangan platform e- commerce untuk optimalisasi pemasaran. Keterbatasan utama adalah minimnya peralatan fotografi dan keahlian digital awal pelaku UMKM. Pengabdian ini memberikan kontribusi pada penguatan UMKM dalam ekonomi kreatif. Hasil kegiatan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kapasitas digital dan visual branding bagi pelaku UMKM untuk memperkuat daya saing di pasar online.

References

Saptiyono, A., Setya Watie, E. D., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. TEMATIK, 1(2).

Sagita, G., Wijaya, Z.R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN, 1(3).

Furqorina, R. et al. (2023). Pemanfaatan visual branding melalui foto produk dalam meningkatkan daya saing UMKM.

Mujianto, H. et al. (2024). Sosialisasi literasi digital marketing untuk meningkatkan perekonomian UMKM.

Istiqomah, N. H. et al. (2025). Fotografi produk untuk meningkatkan optimalisasi digital marketing produk UMKM.

Downloads

Published

31-10-2025

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.