Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Mendalanwangi Kab. Malang
Keywords:
kkn, environmental awareness, Children's EducationAbstract
Pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam membantu mengembangkan potensi desa dan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran KKN dalam mendukung pengembangan masyarakat Desa Mendalanwangi, Kabupaten Malang, melalui pelatihan Sekolah Sepak Bola (SSB), pembuatan modul pelatihan SSB, pembuatan tong sampah sebagai upaya meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan, serta produksi video dokumenter untuk mengangkat potensi desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan partisipatif. Mahasiswa KKN terlibat aktif dalam kegiatan melatih anak-anak di SSB, menyusun modul pelatihan yang dapat digunakan secara berkelanjutan, membangun fasilitas tong sampah di beberapa titik strategis, serta mendokumentasikan potensi lokal dalam bentuk video. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program KKN memberikan dampak positif, baik dalam peningkatan keterampilan olahraga anak-anak, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan, maupun promosi potensi desa secara digital melalui media visual.
References
Ali, Z. Z. (2021). Kuliah Pengabdian Masyarakat dari Rumah Berbasis Moderasi Beragama. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 175–188. https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3197
Fandatiar, G., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Pada Universitas Muria Kudus. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 129–136. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.247
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112
Noor, I. H. M. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 285–297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). At–Tanzir : Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 bhagyarekha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






